Thursday, August 18, 2011

al - Qur'an


Nominasi Naskah Buletin ZAID BIN TSABIT Solo


Al-Quran adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril sebagai petunjuk umat manusia. Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan dari lauhul mahfudz ke baitul maqdis.

Sesungguhnya Al-Qur’an bukan hanya sekedar bacaan atau hanya diharapkan barokahnya saja akan tetapi barokahnya yang paling besar adalah dengan merenungi dan mehamami isi dari Al-Qur’an tersebut. Kemudian mewujudkannya dalam amalan keagamaan dan keduniaan. Barang siapa yang tidak mengamalkan apa-apa yang ada di dalam al-Qur’an ditakutkan ia terkena ancaman kesesatan.

Penjelasan al-Quran menurut salah satu hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya,
“Kitab Allah SWT yang di dalamnya terdapat berita orang-orang sebelum kalian, Ia merupakan pemisah antara hak dan yang batil."
Bukan senda gurau. Barang siapa yang meninggalkannya karena sombong niscaya Allah binasakan. Barang siapa mencari petunjuk selain darinya, niscaya Allah sesatkan. Ia (al-Qur’an) adalah tali Allah yang kuat, cahayanya yang terang dan peringatan yang bijaksana, Ia merupakan jalan yang lurus yang dengannya hawa nafsu tidak menyimpang, lisan menjadi tidak kacau, bersamanya pendapat-pendapat tidak menjadi berbeda-beda ulama tidak pernah merasa kenyang denganya. Orang-orang yang bertaqwa tidak bosan kepadanya tidak menjadi usang karena sering ditolak dan keajaibanya tidak pernah ada habisnya ia membuat jin ketika mendengarnya,
”Sesungguhnya kami telah mendengar bacaan yang menakjubkan”.
"Barang siapa yang mengetahui ilmunya, maka ia menjadi terdepan barang siapa yang berkata dengannya maka ia benar, barang siapa yang menghukumi denganya maka ia telah berlaku adil, barang siapa yang beramal denganya maka ia diberi pahala, dan barang siapa yang mengajak kepadanya maka ia diberi petunjuk ke jalan yang lurus” (HR. Tirmidzi dari Ali R.A secara marfu).
Selain itu manfaat al-Qur’an adalah dapat memberi syafaat di hari kiamat bagi siapa yang sering membaca dan mengamalkanya.

Related Articles

0 comment:

Post a Comment