Friday, August 19, 2011

Nokia ExpressQur'an


Nominasi Naskah Buletin ZAID BIN TSABIT Solo



Ini adalah sebuah artikel, tapi bukan artikel. Artikel singkat namun insya Allah bermanfaat.

Pada kesempatan kali ini penulis tidak akan mempromosikan merk hape, tapi artikel yang cukup aneh ini akan mengulas tuntas bagaiana caranya mengekspresikan al-Qur’an dengan nada-nada indah. Sebuah tips lebih tepatnya. Apalagi melihat kenyataaan remaja-remaja sekarang begitu tidak tertarik fengan namanya al-Qur'an. Nah, tujuan penulisan ini adalah supaya para remaja, khususnya remaja pondok, lebih mencintai dan menggandrungi al-Qur’an sebagaimana pecandu narkoba menggandrungi narkobanya.
Yo, check it out!

Pilih Lagu yang Cocok

Mengapa memilih lagu? Karena menurut penelitian, ketika kita membaca/menghafalkan al-Qur’an dengan lagu yang sesuai dengan karakter kita, maka otak kanan dan otak kiri akan bersinambungan bekerja sama sehingga menghasilkan efek samping fly yang indah.

Penulis menyarankan untuk memilih lagu anda yagn cocok dengan karakter anda atau sifat anda. Jika anda tegas, anda bisa memilih lagu Syaikh Suraim. Jika anda berwatak lembut, anda bisa memilih lagu Syaikh al-Mathrud. Jika anda kreatif dan dinamis, bisa mencomot lagu Ziyad Pathel. Semua ini tergantung kreasi dan selera anda masing-masing.

Dengarkan Berulang-Ulang

Usahakan ketika mendengar lagu, anda dalam keadaan rileks serileks-rileksnya, sehingga anda tersugesti di dalam otak bawah sadar anda. Dalam hal ini bisa anda buktikan.

Penulis menyaraknan untuk mengunakan MP3 atau semacamnya untuk memudahkan sugesti lagu al-Qur’an di dalam diri anda.

Renungi, Hayati, Tirukan Perlahan-Lahan

Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk merenungi lagu yang anda targetkan. Tak hanya itu, cobalah untuk menirukan walaupun perlahan-lahan. Karena apa yang anda ucapkan adalah 50% yang anda lakukan. Oleh karena itu, mengertilah bahwa lagu anda bisa berakibat pada kelakuan dan karakter anda.

Praktekkan!

Ini adalah tahap terakhir setelah semua tahap anda lewati. Mulailah untuk mengaplikasikan lagu anda pada Juz 30 surat-surat pendek terlebih dahulu, baru kemudian surat-surat berat. Teruslah berlatih dan mencoba karena keinginan tanpa usaha tak akan berbuah apa-apa. Terulslah berlatih. Kembangkan lagu anda sendiri dan jangan takut berkreasi. Jangan takut mengekspresikan emosi anda apada al-Qur’an. Apabila anda sudah mencapai puncak, insya allah al-Qur’an akan kebih indah di mata anda. Al-Qur’an akan menjadi lebih menyenangkan dan menenangkan hati anda.

Back to Home

Related Articles

0 comment:

Post a Comment