Monday, August 22, 2011

Program Kerja Litbang 2011/2012



Setiap organisasi pasti punya program kerja, bukan? Sama seperti kami, Bagian Litbang OP3MIA kali ini pun juga memiliki program kerja. Proker ini dibagi menjadi 2: harian dan insidental. Pada kesempatan kali ini penulis akan mempublikasikan proker tersebut di blog aneh ini.

Kegiatan Harian
1. Mengganti koran
2. Menempel artikel ilmiah
3. Latihan CASA | Club Astronomi Santri Assalaam 2x / minggu
4. Mengadakan penyumbangan buku untuk perpustakaan
5. Menertibkan perpustakaan
6. Mendaur buku perpustakaan di setiap rayon

Kegiatan Insidental

Buletin OP3MIA (7 Oktober 2011, 27 Januari 2011, 20 April 2012)
Berisi penelitian kinerja pengurus OP3MIA selama masa jabatan. Ini ditinjau dari pandangan a'do serta pengurus yang lain dan asatidz tentunya. Setelah penelitian ini tuntas, kami akan mengemasnya dalam bentuk edaran buletin.

LCC (Lomba Cerdas Cermat) (21-24 November 2011)
Melihat santri yang kurang memiliki greget terhadap ilmu pengetahuan, tahun ini kami akan mengadakan kembali LCC tahunan Bag. Litbang demi terselenggaranya proses pendidikan di luar kelas dan menciptakan suasana pondok yang kompetitif.

Seminar (setelah perpulangan sebelum UL Mid Semester)
Untuk meningkatkan khazanah keilmuan dan wawasan santri, kami menyelenggarakan seminar lagi setelah satu tahun vakum tanpa seminar. Sasaran seminar ini adalah santriwan PPMI Assalaam kelas 1-5 dan TKs. Demi terselenggaranya kegiatan ini, kami mengambil tangan kanan Bag. Penerbitan dalam bentuk kerjasama kepanitiaan kegiatan ini.

Lomba Sains dan Teknologi (15 Februari 2012)
Lomba ini akan diadakan dalam beberapa cabang. Seperti karya ilmiah, penelitian ilmiah, artikel ilmiah, menulis cerpen, puisi, resensi buku, film. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kemauan dan kemajuan santri dalam bidang tulis-menulis. Juri akan dipillih dari Asatidz yang berkompeten di bidangnya.

Seminar (23 Maret 2012)
Seminar ini tematik. Artinya seminar ini memiliki tema yang khusus dengan pembicara yang khusus pula. Pembicara masih dalam proses pencarian, namun kami berusaha keras untuk mencari orang yang sangat ahli di bidangnya.

Muslim Berkarya (3 April 2012)
Ini adalah acara besar yang melibatkan tiga bagian OP3MIA (Humas, Litbang, Art&skill). Bentuk acara ini adalah kompetisi siswa SMA se-eks Surakarta yang akan dibagi-bagi menjadi lomba LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), lomba kaligrafi, herbarium, dan fotografi. Juri kami pilihkan dari orang non-Assalaam yang ahli di bidangnya. Asal mula ide kegiatan ini adalah berasal dari pandangan orang kafir terhadap orang Islam yang begitu mlempem di bidang iptek. Oleh karena itu, OP3MIA mencoba memacu ghiroh pemuda-pemudi Islam dalam bidang ini. Tujuannya adalah menciptakan remaja muslim Indonesia kualitas tinggi, bukan remaja alay Indonesia kualitas ecek-ecek.

Hanya ini proker kami. Sedikit memang. Melihat kenyataan SDM dan kreativitas kami yang kurang, namun kami akan berusaha bersatu sekeras mungkin untuk merealisasikan apa yang sudah ditugaskan kepada kami. Karena sesungguhnya ini adalah amanah yang harus diemban dan dikerjakan. Manusia akan mulia bila melaksanakan amanahnya, namun akan terhina bila mengabaikan amanahnya.

Back to Home

Related Articles

0 comment:

Post a Comment