Sunday, June 18, 2017

Makan Gratis di Tabligh Akbar KBRI


Semalem aku baru tidur jam 5am. Sebelum tidur, aku sempet foto halaman kosan Sakura House dari depan, mumpung matahari masih ga menyengat, udara masih sejuk, embun masih basah. Walhasil agak bagus ternyata ya. Kayak di villa-villa Jepang gitu.

Muslim Sakura House, Yoyogi Uehara, Shibuya



Tampak luar



Aku tidur. Bangun, dan tiba-tiba jam 1 siang! Baru inget kalo punya janji sama orang jam 2 siang di Shibuya. Aku langsung mandi secepat mungkin, berangkat ke stasiun Shibuya. Harusnya stasiun ini deket dari Yoyogi-Uehara, tempat tinggalku. Buat kesana perlu naik 2 kereta, Chiyoda Line sampe di stasiun Harajuku, trus oper langsung ke Yamanote Line.

Bodohnya, pas transfer kereta, harusnya kita ga perlu keluar dari stasiun. Masih dalem stasiun aja dan langsung pergi ke jalur keretanya. Sayangnya karena aku rada noob, aku keluar dari stasiun dan akhirnya perlu beli tiket ulang karena tiket sebelumnya udah ditelen mesin pas keluar stasiun :( Boros 170 yen dah karena hal bodoh.

Lesson learned: transit Line ga perlu keluar stasiun.

Sampe di Shibuya sekitar jam setengah tiga, aku langsung ke Hachiko statue. Aku ketemu kak Faisal IF09, dikasih beberapa barang yang mungkin berguna di Jepang peninggalan dari Daniar IF12. Habis itu, aku diajak buka bersama di Sekolah Republik Indonesia - Tokyo (SRIT), di Meguro. Walhasil kita pergi ke Meguro. Pake Yamanote Line, kita pergi dari Shibuya ke Meguro, cukup deket sih. Karena agak hujan, sampe di Meguro kak Faisal beli payung dulu, trus kita lanjut pake bus ke SRIT.

Di SRIT ternyata ada pengajian! Lumayan batinku. Kita sampe di SRIT sekitar jam setengah 4 sore. Setelah itu, kita masuk ke aula dan ikut dengerin pengajian. Yang dibahas seputar zakat maal, bahwa zakat maal ternyata ada 2 macam: zakat penghasilan dan zakat benda ditimbun. Zakat penghasilan ngikut nishabnya beras. Zakat benda ditimbun ngikut nishabnya emas.

Pengajian Tabligh Akbar oleh KBRI Indonesia di Meguro, Tokyo
Di pengajian, aku ketemu kak Bagus IF09 yang kerja di HDE. Dan akhirnya baru tau kalo IF ITB di HDE ada 4 orang, runtut dari angkatan 2009, 2010, 2011, 2012. banyak juga ternyata populasi alumni IF yang kerja di Tokyo, dan di satu perusahaan pula. Sayangnya angkatan 2013 belum ada, dan aku diminta melanjutkan tradisi ini :D Challenge accepted kak! Liat aja nanti hahaha.

Masjid Indonesia-Tokyo baru di SRIT, kecil sih, di Indo mungkin disebut musholla.
Tapi ya inilah Tokyo yang semua serba sempit
Lanjut ceramah
Setelah pengajian, kita shalat Ashar dan abis itu lanjut pengajian lagi, masih membahas tentang ekonomi Islam, tapi lebih spesifiknya ke bagaimana membelanjakan penghasilan keluarga secara Islami. Ya, intinya dari penghasilan tiap bulan jangan lupa zakat gitu lah, Juga harusnya suami istri saling memberitahu kalau ada hutang, atau wakaf. Intinya jangan sampe ada hal-hal tentang harta benda ini yang dirahasiakan dan tidak diketahui.

Habis pengajian selesai, kita makan takjil. Legaa rasanya karena di Tokyo puasa 16 jam karena lagi summer! :O Bandingkan Indonesia yang puasa cuma 13,5 jam. Setelah itu kita shalat Maghrib, trus ada buka puasa prasmanan bareng! Makan besar!

Rawon mantap
Setelah makan selesai sudah jam 8 malam. Aku selesai dan balik ke kosan, Yoyogi-Uehara. Karena males pake JR Pass, aku coba pake Tokyo Metro Subway (kereta bawah tanah). Jaraknya agak lebih jauh, lebih lama, tapi lebih murah. Ternyata kereta yang dipake sama aja gitu-gitu juga.

Jalan dari KBRI ke stasiun Meguro


Subway, agak sepi. Sudah malam.



Oh di sini ternyata basecamp Nogizaka46 itu dari nama tempat Nogizaka!
Ternyata ga jauh beda kalo ada Dago48 atau Kopo46. 
Aku sempet salah naik kereta karena asal masuk aja tanpa lihat jurusan (maklum noob Tokyo commuter, baru aja mendarat 2 hari). Untung sempet keluar dari kereta sebelum nyasar ke stasiun lain lebih jauh. Mulai curiga saat berhenti di sebuah stasiun, kok next-station-nya tidak familiar dan terasa salah. Aku langsung buru-buru keluar sebelum pintu Metro ketutup.

Keluar dari Yoyogi-Uehara aku mampir ngestok air minum bentar. Dan balik ke kosan. And here I am! Besok first day kerja, selamat istirahat!

Related Articles

0 comment:

Post a Comment