Saturday, June 24, 2017

Turkish Food at Tokyo Camii



Thao gives me this at the office!
Fish cracker
Thao adalah cewek Vietnam yang kerja di Multibook juga. Mejaku ga jauh ama meja dia. Dia bicara Vietnam ama Jepang. Sama sedikit Inggris. Tapi Inggrisnya broken parah. Dia ngasih makanan itu hari ini, tapi aku lagi puasa. Aku bilang aku lagi puasa dalam Inggris, tapi dia ga ngerti. Aku jelasin puasa itu apa. Makin ga ngerti lagi. Susah juga jelasin puasa itu apa kalo yang bersangkutan ga familiar dengan Islam, dan terkendala bahasa juga hahaha. Anyway, dia baik banget. Lucu! Dan sweet juga!

Hari Kamis ini aku ngerjain kerjaan yang ga terlalu beda jauh sama kemarin. Intinya nyobain dan evaluate API yang lain untuk OCR. untuk hari ini aku berhasil nyobain API-nya Dynamsoft, Taggun, SnapTag, SlickPie, OCR-IT, Epshesoft, dan Tabex OCR. Sebenernya hari ini bakal ada meeting sama Tomita-san tentang OCR yang udah kucoba-cobain di jam 5 sore. Ternyata di jam 3 sore, Tomita-san bilang bahwa programmer lagi ada masalah yang harus di-fix jadi aku ga bisa presentasi di jam 5 sore nanti. Ya sudah, akhirnya aku bisa balik duluan.

Jam 5 aku balik, aku udah janjian sama Hashi-san kalo mau nyobain makanan Turki di Tokyo Camii, masjid tergede di Jepang. Aku ambil kereta, dan secepat mungkin balik berangkat ke stasiun Yoyogi-Uehara, stasiun terdekat ama Tokyo Camii.

Sampe di Yoyogi-Uehara jam 6.10, udah ditunggu Hashi di depan FamilyMart, trus kita jalan ke Tokyo Camii. Jarak ke Tokyo Camii dari stasiun cuma 4 menit jalan kaki. Hashi bilang, dia jalan kaki dari kampus ke Tokyo Camii. Gila sih. Dia kuliah di University of Tokyo (Todai), tempatnya di Meguro. Dia bilang jaraknya cuma 20 menit sih, dan it's okay. Aku baru tau kalo Hashi se-strong itu. Kalo aku sih, mending naik kereta daripada jalan kaki jauh.

Ini adalah pertama kalinya Hashi pergi ke masjid. Sebelumnya dia belum pernah sama sekali. Kubilang ini bakal seru karena Tokyo Camii itu masjid tergede di Jepang, dan kamu ga salah dateng di masjid ini untuk pertama kalinya. Mungkin ini juga pertama kalinya dia tau tentang Islam juga.

Kita sampe di Tokyo Camii. Ada guide dari Turki yang ngejelasin tentang Islam itu apa, kenapa kita ga makan babi, kenapa wanita pake jilbab, kenapa sholat harus 5 kali, dan pengetahuan umum lainnya. Dia jelasin pake Jepang jadi banyak orang Jepang yang dengerin dan sebagian dari mereka nanya sesuatu juga. Anyway, Tokyo Camii ini banyak banget pengunjung dari orang Jepang maupun turis internasional, muslim maupun non-muslim. Jadi kamu ga harus muslim kalo mau masuk ke Tokyo Camii karena Tokyo Camii terbuka buat umum! Bahkan kamu bisa masuk ke daerah shalatnya. Masjid ini benar-benar open. Dan kupikir ini bagus.




Guide yang bicara Jepang, jelasin tentang Islam secara general

Subhanallah, mbak mbak Jepang berjilbab, di masjid pula

Me with Hashi
Abis mas-mas guide selesai jelasin, langsung adzan Magrib. Kita makan kurma di depan Masjid, dan sedikit minum air. Ini juga pertama kalinya dia makan kurma. Abis itu aku solat magrib. Abis solat kita turun ke lantai satu, buat buka! Di bawah udah banyak orang antre. Kita ikutan antre dan akhirnya dapet makan. We ate Turkish food!

Buka dengan makanan Turki. It's free!

We ate Turkish food!

Di tempat ruang makan ini, Hashi bilang, dia merasa ga lagi di Jepang. Aku ketawa aja. Ini normal karena overall Jepang adalah negara homogen dengan 98% populasi adalah orang Jepang. Cuma 2% foreigner. Sementara di ruang makan ini, hampir 90% muka-muka Timur Tengah, kalo boleh tebak sih paling banyak Turki, Mesir, Arab, Maroko, Aljazair. Dengan sesedikit itu populasi orang asing di Jepang, dan mayoritas orang dalam ruangan adalah orang TimTeng, maka dari itu dia ngerasa aneh.

Turkey x Japan
Setelah itu, kita selesai dan keluar masjid. Kita sempet foto masjid ini dari luar. It's magnificent!


Habis itu kita berpisah di Yoyogi-Uehara station. Aku mau ke FamilyMart, dia balik. Good bye!

Related Articles

0 comment:

Post a Comment