Thursday, August 01, 2013

Nasehat-Nasehat Menghafalkan Quran


Terjemahan dari kitab Khairu Mu'in fi Hifdzi al-Quran al-Kariim karya Yahya Abdul Fattah az-Zawawi, hasil riset 40 tahun bergelutnya beliau di bidang Quran :
  • Selalu minta pertolongan kepada Allah SWT dan bertawakkal kepada-Nya, karena tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah Ta'ala.
  • Jangan bertanya, "Kapan saya bisa menyelesaikan hafalan Quran?" Tapi tanyakan pada diri Anda, "Kapan saya menyelesaikan hafalan harian yang telah saya rencanakan?"
  • Pilih waktu yang paling tepat buat Anda untuk menghafal Quran, seperti pada pagi hari, atau petang. Persiapkan kondisi jiwa, supaya dalam keadaan tenang, lapang dada, jernih pikiran dan hati yang tenang.
  • Jangan lalai dari tujuan Anda walaupun sebentar, bahkan pada saat istirahat, atau ketika lagi makan. Ya, bahkan ketika Anda sedang makan sekalipun, hendaknya Anda selalu bersama Quran. Akal dan pikiran selalu memikirkan rencana untuk target hafalan selanjutnya.
  • Hendaknya benak pikiran Anda senantiasa tersibukkan untuk selalu mencari cara dan metode baru untuk menghafal.

  • Ketahuilah bahwa waktu itu nggak akan beranak-pinak, nggak memanjang, nggak berhenti, dan nggak akan kembali ke belakang. Tetapi ia selalu maju! Oleh sebab itu, manfaatkan hari-hari Anda karena sesungguhnya ia takkan pernah kembali selamanya.
  • Jangan mulai menghafal ketika kondisi badan sedang kelelahan (nggak pewe istilahnya ^^) atau ketika kondisi mental Anda sedang labil, seperti ketika marah atau sedih.
  • Biasakan mendengar bacaan Quran dari radio, MP3, atau laptop. Ini akan memudahkan hafalan Anda, membantu mengulangi hafalan yang udah ada (murojaah), mempersiapkan hafalan baru. Sering-seringlah mendengar tartil, Syekh Suraim, Sudais, Ziyad Pathel, Muhammad Thoha Al-Junayd, atau Muhammad Ayyub, setidaknya khatam 20 hari sekali.
  • Jaga ketertiban dalam menghafal! Umpama Anda sudah hafal An-Naba dengan benar-benar kuat, maka lanjutkan dengan surat Al-Mursalat, kemudian selanjutnya Al-Insan dan begitu seterusnya surat demi surat, Ketahuilah bahwa ini akan memotivasi Anda untuk menjadi lebih baik. Ini juga berperan penting dalam membangun keistiqamahan dan pembiasaan dalam menghafal.
  • Jangan memulai hafalan baru kecuali jika Anda sudah benar-benar hafal halaman sebelumnya, tidak juga memulai dengan surat baru sampai Anda benar-benar telah hafal dengan baik surat sebelumnya. Ketergesa-gesaan berasal dari setan, dan Allah SWT menyukai hamba yang maksimal dalam beramal.
  • Mata menghafal apa yang dilihat sebelum telinga. Maka pilihlah mushaf dengan sistem yang termudah untuk menghafal Quran (kalau saran saya mending pake Mushaf Utsmani yang selalu akhir ayat di pojok halaman :D)
  • Tetaplah menghafal dalam satu mushaf, yaitu satu cetakan dan tidak menghafal dari mushaf yang lain.
  • Apabila suatu hari Anda melewatkan hafalan harian, maka berusahalah untuk menggantinya pada hari yang lain. Manfaatkan hari libut Anda untuk menggantinya.
  • Apabila Anda menghafal, pilihlah tempat yang: 1. Tenang; 2. Ventilasinya baik; 3. Cahaya cukup; 4. Usahakan pada dinding/ruangan tidak ada lukisan/gambar-gambar besar supaya hati ini terbiasa fokus dan berkonsentrasi.
  • Menjauhlah dari hal-hal yang bisa menyibukkan Anda. Jangan menghafal sambil mendengarkan MP3. Jangan menghafal sementara di sebelah Anda ada orang berbicara.
  • Janganlah Anda memulai hari dengan mempelajari banyak pelajaran (terutama buat yang sekolah/kuliah) kecuali setelah menyelesaikan hafalan harian Quran. Ketahuilah bahwa setiapkali membaca mushaf, akan ada ketenangan batin, kebahagiaan hakiki, memiliki kekuatan dan semangat, serta Allah akan memberi karunia kepada siapa yang dikehendakinya tanpa disangka-sangka.
  • Sahabat adalah pengajak, ia bisa mengajak Anda kepada kebaikan dan bisa mengajak Anda kepada keburukan. Maka hendaknya Anda memilih sahabat yang baik yang selalu membantu Anda menghafal Quran. Jauhilah bersahabat dengan orang-orang yang gagal dan pemalas. Karena sesungguhnya mereka akan menghentikan Anda dari menghafal Quran pada suatu hari.
  • Pilih sahabat yang sesuai untuk Anda agar ia setingkat dengan Anda dalam menghafal Quran atau hampir setingkat dengan Anda. Jangan menghafal bersama orang yang terlalu pintar dan juga bukan dengan orang yang hanya membutuhkan sedikit waktu untuk menghafal satu halaman. Karena sesungguhnya ini akan berdampak kurang baik nantinya.
  • Hindari kebiasaan Anda begadang karena hal ini bisa membuat Anda merasa kelelahan setelah selang beberapa waktu, walaupun mungkin bukan hari ini! Berusahalah untuk membiasakan tidur sedini mungkin dan bangun di pagi-pagi benar agar Anda merasa bahagia, semangat, dan enak badan di pagi hari!
Semoga kita dimudahkan Allah SWT dalam menuntut ilmu dan menghafal Quran. Amin.

Related Articles

0 comment:

Post a Comment