Wednesday, June 25, 2014

Tahun Pertama di STEI ITB


Hello, readers! Lama tak jumpa setelah pemilik blog ini absen setengah tahun di dunia maya.

Oke, untuk post pembuka setelah sekian lama nggak ngeblog, kali ini saya akan cerita soal pengalaman setahun kuliah di ITB.



Labtek kembar malem malem
Tahun pertama adalah tahun yang menarik rasanya karena pertama kali bisa merasakan hawa kota Bandung yang adem, sekitar 19 derajat Celcius di malem hari, bandingkan sama Surabaya yang rata-rata 27 derajat Celcius walau tengah malem. Karena perbedaan suhu rata-rata yang ekstrim tersebut, di awal menetap di Bandung saya bahkan tidur pake jaket dobel dua dan selimut, yang juga masih menggigil. Gila kan. Tapi santai, kondisi fisik biologis lama-kelamaan bakal adaptasi.


Tahun pertama ini mungkin bakal memberikan kesan 'kuliah' selanjutnya karena jelas di tahun ini semua gambaran, pandangan, dan kesan akan 'kuliah' mulai dibangun. Selama di tahun pertama kerasa gak enak, wah bakalan aras-arasen untuk selanjutnya. Sebaliknya, kalo kuliah kerasa nyaman di tahun pertama, 4 tahun akan kerasa enteng.

TPB adalah Tahap Persiapan Bersama di mana seluruh mahasiswa tingkat 1 ditempatkan di fakultas, misalkan saya di STEI, atau temen saya di FTMD. Tahun pertama mahasiswa belum dapat jurusan karena penjurusan baru dilakukan di tahun kedua sesuai kuesioner peminatan yang diisi mahasiswa. Jangan harap satu tahun kuliah informatika di ITB langsung jadi programmer karena sejatinya tahun pertama gak lebih dari SMA kelas 4 di ITB :D


Di TPB bakal diulangi lagi yang namanya matematika, fisika, kimia, dan semacamnya (kecuali fakultas SBM/FSRD yang saya kurang mengerti). Tujuannya sih (katanya) untuk menyelaraskan kemampuan sains dan matematika mahasiswa baru yang berasal dari SMA yang berbeda-beda. Selain itu, menguatkan kembali basic science supaya lebih nglonthok ketika kuliah di tingkat-tingkat selanjutnya.


Menurut beberapa orang, TPB juga diplesetkan Tahap Paling Bahagia yang entah kenapa sampai detik ini saya masih belum paham bahagia di mananya coba -_-. Karena denger-denger dari penuturan beberapa oknum kakak tingkat atas, kehidupan akademik nggak bakal seindah dan selapang ketika tahun pertama. Tapi.. entahlah.


Di TPB bakal ada dua semester, tapi kalo nggak lulus (semoga nggak) bisa diulang kembali dengan maksimal durasi TPB dua tahun.


Semester satu diisi sama Fisika, Kalkulus (Matematika), Kimia, Olahraga, Pengantar Rekayasa dan Desain (PRD), Pengantar Teknologi Informasi B (PTI B).


Olahraga


Ini adalah mata kuliah teraneh se-Indonesia. Yakinlah di universitas lain gak ada mata kuliah olahraga kecuali jurusan pendidikan keolahragaan. Tapi di kampus ini, olahraga jadi mata kuliah wajib, harus diambil semua mahasiswa tingkat satu. Kuliahnya pun lucu, pemanasan, lari keliling lapangan, dan selesai. Kadang di hari tertentu, kuliahnya renang di Saraga (btw kolam renang Saraga ada di lantai 2 di atas bangunan, airnya brr dingin beudh).



Kolam renang Saraga difoto dari atas
Kondisi kolam pas lagi rame
Olahraga ada ujiannya juga lho, lari keliling lapangan .__. Untuk UTS dan UAS, kita harus lari lapangan bola sebanyak 6 kali. Ya, ENAM kali. Penilaiannya tergantung seberapa cepat waktu larinya. kalo nggak salah buat cowok < 14 menit dapet A, < 14,5 menit dapet AB, dan seterusnya kelipatan 30 detik. Buat cewek sama persis standar cowok, tapi masing-masing +2 menit.


Larinya keliling lapangan ini
Selain itu buat lulus kuliah ini harus bisa renang. Definisi renang adalah selamat dengan nyawa utuh melewati kolam renang 2 meter sejauh 25 meter. Saya yang gak bisa renang sama sekali dan punya track record menyeramkan di bidang perenangan akhirnya mencoba menceburkan diri melewati kolam renang Saraga sejauh 25 meter dengan sangat terpaksa. Dan lucunya entah kenapa pas testing untuk kelulusan kuliah, massa jenis air kolam renang terasa jadi lebih besar, badan jadi lebih enteng dan ngapung begitu saja. Pake gaya entah mungkin, waktu itu gak mikirin gaya renang sama sekali, mau katak kek bebas kek, yang jelas di pikiran cuman bisa selamet di sebrang. Walhasil satu menit kemudian sudah nyampe di ujung :)) I passed this course, ouyeah!


Sebelumnya pernah kelelep di sini, untung aja diselametin Anshar!

Kalkulus


Seperti matematika biasanya, kalkulus banyak diisi dengan integral, turunan, fungsi, dan lain lain. Bedanya kalau di SMA banyak rumus tinggal jadi dan pakai, di sini akan dibahas kembali dari mana rumus itu di dapet, misal kenapa d(x^2)/dx itu = 2x. Atau dari mana asal integral yang ternyata dari Jumlah Riemann, baca di sini untuk lebih lanjut.


Buat maniak matematika di SMA dijamin akan merasa 'wah' dan 'mlongo' karena rumus rumit sudah jadi di SMA yang asal pakai nyatanya merupakan turunan dari intuisi sederhana manusia yang diimplementasi dalam simbol matematik, kemudian disatukan menjadi aturan-aturan atau teori tertentu.


Untuk lulus (sekedar lulus) mata kuliah ini sederhana karena tinggal 'mendengarkan' cerita dosen kalkulus di kelas dan sedikit latihan 3 jam sebelum UTS/UAS. Bisa dipastikan pass di kalkulus. Kecuali bila anda perfectionist atau sudah imba bawaan dari lahir, kalkulus bukan pantangan yang berarti.



Foto bareng kelas kalkulus. Dosen (Mr. Aleams Barra) di tengah, berambut panjang


Fisika Dasar IA


Hampir sama seperti SMA karena Fidas I adalah seputar mekanika dan fluida. Bagi saya ini adalah hal yang paling menyenangkan karena kuliah Fidas seperti main teka-teki dalam puzzle. Soal ujiannya pun sangat variatif dan menyenangkan. Tidak ada hafalan rumus sama sekali, cukup logika dan pemahaman teori fisis, serta sedikit kemampuan matematika.



Contoh soal UTS, tapi tanpa multiple choice sih, uraian semua
Di akhir kuliah, ada proyek membuat percobaan fisika sederhana dengan model ditugaskan membuat alat apapun untuk memudahkan orang lain memahami konsep fisika. Sering disebut RBL (Research by Learning). Dibatasi tema tertentu yakni mekanika dan fluida, seperti yang telah diajarkan satu semester. Di RBL ini saya sekelompok bareng Tio, Tri, Hanif, Yusri, Ulum, Febry, Yesi. Kami membuat semacam simulasi sederhana pertunjukan Roda Gila di pasar malem. Thanks Tio idenya! haha.


Pertunjukan roda gila di pasar malem
Oiya kenapa Fisika Dasar IA? Karena ada beberapa fakultas yang dapet Fidas IB. Tentunya IA lebih hard dibanding Fidas IB. Fidas IB diberikan ke fakultas yang tidak terlalu membutuhkan basic fisika dalam aplikasinya seperti SITH-Sains (Sekolah Ilmu Teknologi Hayati).

Tiap Selasa dua minggu sekali juga ada praktikum fisika di lab fisika dasar. Gimana rasanya praktikum fisika? Silakan coba setelah masuk tahun pertama kampus ini :))




Kimia Dasar IB


Kidas I tidak jauh beda dari kimia biasanya di SMA karena ya begitu-begitu saja. Bedanya (walaupun sedikit), kimia universitas lebih mendalam daripada di SMA.


Untuk lulus Kidas bisa di-tricky karena soal ujian UTS/UAS punya persentase ke IP sangat tinggi sementara soal ujian tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. You know what to do? Yap. Cari soal ujian tahun-tahun kemarin.



Pengantar Teknologi Informasi B (PTI B)


Di sini bakal diajarkan pemrograman dasar. Mulai dari variabel, type data sederhana, looping, dan dasar-dasar lainnya. Untuk implementasi digunakan bahasa Pascal yang notabene similar ke bahasa Inggris sehingga mudah dipahami.



Contoh program dalam bahasa Pascal
Tiap Rabu juga ada praktikum tentang yang udah diajar dosen minggu sebelumnya. Jadi, seru kok! Buat yang belum pernah mendapat programming sama sekali pas SMA-nya. Di sini bakal diajarkan programming mulai dari nol. So, keren banget kan.


Pengantar Rekayasa dan Desain I (PRD)


Adalah mata kuliah tersangar dan ter-anti mainstream saudara-saudara. Tanpa masuk ke kelas, tanpa teori, dan tanpa ujian tekstual. Lihat di sini untuk contoh apa yang kita lakukan selama kuliah PRD.



Membangun menara kertas di kuliah PRD
Selain itu, masih banyak tugas-tugas yang lain seperti membuat jembatan kertas, laporan tiap pertemuan, dan lain-lain. Secara materi, dosen tidak mengajarkan apa-apa. Tapi yang terjadi di kelas PRD sebenarnya adalah mahasiswa yang mengeksplor dunia engineering secara mandiri dengan menyelami lewat tugas-tugas aneh yang diberikan dosen. Justru aneh-aneh inilah yang bakal sering ditemui di dunia nyata engineering nantinya.

Tambahan


Jangan sampai hal akademis mengganggu kehidupanmu. Arek ITB gak sinau tok.



BIUS Night. Malam pelepasan wisudawan angkatan 2009 penerima beasiswa ITB Untuk Semua.
Tengah : Ibu Betty Alisjahbana


Formasi #Untuk Indonesia melibatkan ~3500 maba ITB.
OSKM ITB 2013


Bareng STEI 2013, 379 orang wow!
Mewawancarai warga sekitar


Woww Gunung Gede. Ini di air terjun Cibereum, tapi belum sampai air terjunnya


Jalan setapak menuju air terjun


Cibereum with Widyakelanaa


Futsal 76 Pasteur with Widyakelana


Makan gedhe awal masuk ITB with Widyakelana

Daaan...

Walaupun kuliah, skill CS harus tetep diasah


Pecahkan semua kepala musuhmu


Harus tetep 'garang' di server game online

Nantikan kisah semester dua di post selanjutnya :))


--

Luqman Arifin
16513376
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

Related Articles

30 comments:

  1. Di Undip juga ada mata kuliah Olahraga, man. Wajib diambil untuk mahasiswa tingkat pertama. Malah di jurusanku lebih aneh lagi, SKS-nya 0 tapi wajib diambil. Dosennya galak lagi ngeres. Model ujiannya hampir sama; berenang di empang, lari keliling lapangan enam kali, cowok gak boleh lebih dari 17 menit, lebih dari itu gak dapet nilai. Terus ada ujian senamnya juga, senam kesegaran jasmani (SKJ). Kita harus hafal gerakannya dari awal sampai akhir sesuai irama lagunya, kalo pengen dapat nilai A. Kita gak bisa niru gerakan orang didepan kita, soalnya mata kita harus ditutup pake slayer (walaupun itu bisa diakali sih, tapi dosennya tetep aja tau)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha justru lebih sadis Undip, baru tahu wkwk. Kirain cuma ITB yang ada kuliah Olahraga.

      Good luck bos!

      Delete
  2. hiii ada yang boleh berbagi soal utsnya yang ada di itb untk si TI,, aq kuliah di it del. yah..mungkin ada dri antara tman atau kk yang dapat memberi informasi. mksih y

    ReplyDelete
  3. Keren kak! Menjawab segala pertanyaan tentang TPB. Semoga bisa ikut TPB yg mulai tahun ini:")

    ReplyDelete
  4. Wah,kuliah kok tetep main game yah kak? Masa sih... Setahu saya kalau kuliah itu 24 jam nonstop belajarrr truss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, nggak juga.

      Kalo dihitung-hitung, justru kuliah lebih senggang daripada sekolah/kerja

      Delete
  5. Wiiiihh, udah ada bayangan. 2 tahun lagu harus masuk SBM ITB Ahh, makasi reviewnyaa kak.

    ReplyDelete
  6. thanks kak info bagus nih
    saya sangat minat ke itb
    klo boleh saya mau anya 2 bisa seputar stei itb?

    ReplyDelete
  7. Kak itu bener2 harus lulus renang ya? Kalo gak lulus gimana kak? Gak bisa renang :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak harus kok. Nyatanya ada yang nggak bisa renang dan ujian renangnya diganti tugas tambahan :)

      Delete
  8. Thx infonya kak, doakan saya jadi calon calon maba STEI ITB 2016 :)

    ReplyDelete
  9. Kak, karakteristik anak2 itb itu kayak mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ngga bisa dipukul rata sih karena tiap orang pasti beda.

      Delete
  10. Doakan ya bang semoga saya keterima jadi mahasiswa STEI ITB 2017 ,btw saya gabisa renang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat! Semoga sukses. Makanya, latihan renang dari sekarang :p

      Delete
  11. Bismillaah. Jangan lupa add: @pemudasurga di Line yaa!! :)) :v

    ReplyDelete
  12. kak biaya perkulihan itb kayak mana?
    misal kita lulus dari jalur SBMPTN bayar berapa per semeseter?
    terus kalok di STEI itu pemilihan jurusan setelah TPB gimana? ada tes coding dulu atau ujian kah?
    dengar dengar kalok masuk Teknik informatika STEI ketak kali
    dan satu lagi kak ...
    Bisa jelasin gak bahasa pemrograman yang sering digunakan?
    and ada gak ya kak Anak SMK masuk ITB ...
    maaf kak kalok banyak nanyak... heheh
    #AnakSMKpengenMasukITB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya kuliah ITB 10 jt/semester, tapi kalo keberatan bisa ngajuin banding hingga 8, 5, 4 jt/semester.

      Pemilihan jurusan ada kuesionernya di akhir tahun pertama. Per jurusan ada kuotanya. Kalau peminat melebihi kuota, nanti difilter berdasarkan IP.

      Bahasa pemrograman macem-macem sih. Di tahun pertama wajib belajar Pascal dan Haskell. Kalau masuk jurusan informatika, nanti bisa eksplorasi lebih luas. Ada C, C++, Java, Python. Buat ngoding web PHP, Java, JS, dll.

      Delete
    2. Keren main CSO :v

      Maksud dari "Biaya kuliah ITB 10 jt/semester, tapi kalo keberatan bisa ngajuin banding hingga 8, 5, 4 jt/semester." itu khusus non-bidikmisi kan?

      Delete
  13. Wkwkwk kocak bacanya pas di olahraganya ... Good Luck mas ... jangan lupa maen dota juga wkawka

    ReplyDelete
  14. Kak, belajar ngoding ribet gak sih??
    kalo sekalinya dikasih pr sama dosen itu ngodingnya sampe begadang banget ya emang??

    ReplyDelete