Friday, January 07, 2011

Anda Pelajar? Klik Sini


Buat apa sih kalian sekolah?

Apa sih yang mendorong kalian sampe mau-maunya sekolah?


Saudara-saudaraku sekalian. Mungkin anda semua pikir tulisan ini nggak berguna. Tulisan ini nggak bermanfaat. Tulisan ini hanya tulisan ANJING yang tak pernah berhenti menggonggong, membual, dan membual. Namun saudara-saudaraku, saya hanya ingin meluruskan motivasi anda semua dalam belajar. Marilah kita meluangkan waktu sejenak untuk merenung. Tetap rileks namun serius.

Sejak kecil kita ditanamkan untuk giat ke sekolah. Betul tidak? Betul. Di sekolah kita belajar. Kita belajar, pasti ada yang namanya ujian. Pas ujian kita dapet nilai. Tapi APAKAH KITA BELAJAR DI SEKOLAH, MENYELESAIKAN TUGAS, DAN MENGERJAKAN UJIAN HANYA BUAT DAPET NILAI?? Jangan sekali-kali.

Bagi orang-orang liberal, orang yang berpikiran sempit itu, mereka hanya berpikir akhir-akhirnya saja dan tidak menghiraukan proses. Apa yang terjadi kemudian? Mereka menghalalkan segala cara untuk menggapainya. Semua jalan digunakan begitu saja entah itu halal atau haram, kan mereka hanya menuntut hasilnya saja. Padahal, yang bisa dipetik manfaat adalah prosesnya.

Dalam dunia pendidikan, sudah tak sedikit lagi orang-orang yang bersifat liberal duduk di bangku-bangku sekolah. Tragis.

Menurut penelitian di Amerika, nilai atau IP (bagi mahasiswa) menduduki peringkat 17 dari total 21 hal terpenting dalam sekolah. Ulang. Nilai / IP menduduki peringkat 17 dari total 21 hal terpenting dalam sekolah. Sedangkan, yang meraih peringkat pertama dari 21 tersebut adalah soft skills. Apa itu soft skills?

Soft skills meliputi tangung jawab, kerja keras, keuletan, dan kerjasama. Inilah hal terpenting yang harus kita cari di bangku sekolah.

Peringkat kedua adalah able to communication. Bisa jadi orang yang punya ide cemerlang tidak dipedulikan oleh rekannya gara-gara salah komunikasi. Fatal sekali.

Keseimbangan atau keserasian juga masuk hal penting. Dalam dunia kerja, orang yang sukses bukanlah mereka yang bagus akademisnya, tetapi orang yang seimbang akademisnya dan kegiatan non-akademisnya.

Cukup di sini. Luruskan niat, perbaiki motivasi, tetap semangat, dan larilah menembus batas!

Kamu pasti bisa!

Related Articles

0 comment:

Post a Comment