Saturday, August 20, 2011

Evaluasi Litbang OP3MIA




OP3MIA itu kepanjangan dari Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Tugasnya ngebantu mudir menjalankan tugasnya sebagai pimpinan pondok. Kalo di luar pondok ya mungkin sejenis OSIS gitu lah. Tapi OP sendiri itu sebenarnya masih sangat tinggi derajatnya dibandingkan OSIS-OSIS anak luar. Kenapa? Kalo OP kerjanya 24 jam. Jadi malam-malam mau tidur pun jabatannya tetep ketua OP. Beda lagi OSIS, kalo OSIS copot seragam, beres. Otomatis jabatan OSIS pun lengser.

Penulis blog ini kebetulan diberi amanah oleh pondok untuk jadi Ketua Bagian Penelitian dan Pengembangan. Menurut saya pribadi sih, itu sangat berat, meskipun sebenarnya jabatannya nggak tinggi-tinggi amet. Kabag Litbang itu harus kreatif, dituntut imajinasinya buat bikin acara-acara yang baru dan belum pernah terjadi sebelumnya. Kenapa musti begini? Menurut pengalaman tahun ke tahun, bagian Litbang itu bagian yang jarang banget ngadain acara. Jadi kami sebagai bagian Litbang kurang memiliki contoh atau teladan dari kakak kelas terdahulu tentang apa saja sih kegiatan Litbang.

Jujur saja Litbang itu susah, cobaannya berat. Contoh saja seumpama ada acara dari kami yang kemudian tabrakan sama acara bagian Lughoh pasti acara bagian Litbang yang harus ngalah. Belum lagi tantangan dari teman-teman non-Litbang yang sering nggembosi dari belakang alias tidak mendukung sepenuhnya atas kerja bagian kami. Ejekan dan cercaan pun datang silih berganti, bagai surya dan rembulan. Namun di atas semua itu, saya selalu mengingatkan kepada anggota saya untuk tetap tabah dan konsisten.

Sudah 2 bulan ini OP kami jalan. Kali ini penulis ingin sekali nge-share kegiatan kami selama masa jabatan itu. Namun ini hanya kegiatan insidental, bukan termasuk kegiatan yang harian ataupun mingguan.



Ru'yatul Hilal Awal Ramadhan 1431 H
Sebenarnya ini acara punya ustadz (langsung dari direktorat). Tapi berhubung ustadz juga minta bantuan kami, jadi kami juga harus turun tangan ke lapangan. Untung ini acara kecil, jadi kami hanya mengurus proposal, konsumsi, and souvenir pinnya tok.



Pendaftaran CASA | Club Astronomi Santri Assalaam 
Ya, kami membuka pendaftaran baru bagi santri kibar untuk masuk club ini. Dan alhamdulillah sudah banyak anak-anak dari kalangan kelas 4 ex-M dan Takhasus yang mendaftarkan dirinya di sebuah club yang sangat keren ini.

Pembuatan Kartu Perpustakaan
Asal mula kegiatan ini adalah para ustadz petugas perpus kewalahan mengurusi distribusi kartu perpus. Toh mereka kan tidak terjun langsung di antara santri, mereka punya kehidupan sendiri. Jadilah kami sebagai bagian Litbang alias Raja Perpus menggandeng tangan pihak perpustakaan dan bekerja sama dalam pengadaan kartu perpustakaan. Kerja sama ini cukup efektif karena banyak sekali santri baru kelas 1 dan TKs yang ingin memiliki kartu perpustakaan. Bahkan, ustadz perpus pun hanya bisa cengar-cengir.

Penelitian Perpustakaan PPMI Assalaam, Sebuah Riset untuk Pengembangan
Ini adalah sebuah penelitian. Saya sendiri yang merancangnya. Mulai dari persebaran kuesioner, membuat rekapan, membuat laporan, dan mendistribusikan. Ini tidaklah berat karena sesungguhnya pengalaman mencetak karya tulis ketika kelas 3 SMP masih teringat lekat di benak saya. Untung sebelum perpulangan, laporan penelitian ini sudah diserahkan kepada pihak perpustakaan. Sehingga mereka lebih bisa mengoreksi dan berbenah diri atas kekurangan mereka. Saya juga sangat berharap penelitian tersebut berarti di mata mereka.

Back to Home

Related Articles

0 comment:

Post a Comment