Tuesday, September 03, 2013

Awas, Saksi Sejarah di Sekitar Kita!


Cerita ini dimulai pas ada tugas OSKM (Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa) di kampus gw. Tugas ini cenderung sangat mudah, yaitu cuman wawancara satu-dua orang buat identifikasi masalah negeri kita dengan acuan PESTEL (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Environment, dan Legal/hukum).

Pas itu gw dapet kelompok 5 bareng anak-anak yang lain, totalnya 21 orang. Dari sekian banyak orang ini, dibagi lagi jadi 3 kelompok kecil, kelompok A, B, dan C. Dan gw kedapetan jadi ketua kelompok A-nya.


Di hari yang rindang di depan Masjid Salman itu, gw sama temen-temen ditugasi wawancara dengan lingkup ga keluar dari Jalan Ganesha. Dan tidak lama kemudian kami bertujuh (Aku, Adit, Martha, Shinta, Lia, Kevin, sama Dicky) keluar dari taman isis depan Salman menuju ke Jalan Ganesha.


Kami bertemu banyak pedagang, ada yang jualan siomay, batagor, nasi-nasian, CD bajakan, satpam, orang jualan poncho. Sempat kami memutuskan mewawancara orang jualan buku, tapi itu terlalu mainstream. Dan kami berjalan sebentar dan bertemu orang nyangkul jalan di trotoar, kayak lagi kerja gitu. Tapi kok rasanya dianya lagi sibuk kerja keras, yaudah daripada ganggu akhirnya kami mencari narasumber lain.

Kemudian kami sampai di monumen apa yah, ga tau gw, pokoknya di Jalan Ganesha. Di sana ada kakek-kakek lagi duduk di atas tanah dengan selembar tikar, di sebelahnya ada ibu-ibu sudah tua yang lagi tidur dengan pulasnya.


Kami dekati si kakek dan kami minta waktu sebentar buat wawancara. Gw ngenalin diri sebagai murid SMA yang dapet tugas wawancara, karena kebetulan kami ospek pakai seragam abu-abu SMA.


Namaya Pak Mulyana. Kelahiran 1933. Beliau menyambung hidupnya dari main kecapi. Sudah 3 tahun beliau main kecapi. Raut wajahnya udah keliatan tuaa banget. Tapi fisiknya masih sehat, terbukti cara jalannya biasa aja, gak bungkuk. Giginya sudah hampir ompong. Tapi masih bisa bersemangat kalo bicara. 

Beliau ternyata lulusan SLTA loh! Mengingat jaman dulu mengenyam pendidikan itu susaah sekali. Nenek gw aja cuman sampe di Madrasah Ibtidaiyah, itu pun belum lulus sudah putus sekolah. Wah, pasti orang ini berpendidikan banget dulunya.


Beliau juga cerita kalo bisa bahasa Inggris. Karena gw ga percaya, gw tanyain dah "What is your name?" Beliau jawab "Mulyana". Trus  gua tanya lagi "How are you?". Beliau jawab "I'm very fine, thank you", kemudian beliau ngomong bahasa Inggris cepet banget dan gua ga paham wkwk, pokoknya yang gua inget itu beliau ngomong kalo friend artinya temen, kalo best friend itu temen yang lebih temen. Anak-anak terheran, orang nih udah tua tapi masih fasih bahasa Inggrisnya.


Kemudian beliau cerita tentang Pak Karno. Pak Karno-Hatta itu nomer satu katanya. Beliau cerita tentang peristiwa penembakan Pak Karno di Bogor, yang meleset itu. Katanya beliau pake cincin hitam yg dapet dari tai anjing. (ini sebenernya gua kurang percaya sih, terlalu takhayul)


Kemudian tentang Pak Harto, beliau bilang nggak ada bedanya Presiden sama raja. Raja turun temurun, sementara Presiden 'seharusnya' dipilih rakyat. Tapi Pak Harto mengkultuskan dirinya seperti raja.


Hanya ini hasil wawancara yang saya ingat. Sebenernya masih banyak lagi, tapi lupaa hehe. Waktu rasanya terlalu berharga kalo hanya cuman buat update blog ^^


Sebelum pulang kita sempetin foto bentar buat dokumentasi. Si eyang mencopot topi bundarnya, entah kenapa, liat aja di foto. Mungkin orang dulu adatnya kalo mau poto harus copot topi dulu kali << ngaco




Foto bareng Pak Mulyana (79 th).
Dari kiri ke kanan: Kevin, Dicky, gua (captain), Pak Mulyana, Lia, Martha, Shinta.
Credits: Adit FTI.
Kelompok 5 OSKM ITB subkelompok A

Related Articles

0 comment:

Post a Comment