Saturday, October 19, 2013

Menara Kertas Kuat Nahan Beban Hampir 1 kg !


Waktu itu ada assignment dari Pak Ary, mata kuliah IED (Introduction to Engineering and Design), buat bikin menara dari kertas dengan desain bebas semau kita.

Ada spesifikasi yang harus dipenuhin, tinggi minimal harus 140 cm, terus kudu kuat nahan beban minimal 250 gram, dan bahan yang dikasih hanya 10 lembar kertas A4 80 gram + selotip. Udah, itu doang. Gila kan? Ya, engineering emang gila.


Awalnya kami menganggap itu mustahil dilakukan, mengingat bahan yang diperbolehkan cuma beberapa helai kertas, bukan beton, bata, atau semen. Lagipula apa sih yang bisa diharapkan dari kertas yang.. begitu lemah? Dan kami bersama temen-temen sekelas menganggap ini adalah tugas yang freak buat mahasiswa jurusan Informatika.


Tapi setelah mengutak-atik ini itu kami menemukan konstruksi yang tepat gimana bikin menara dari kertas yang kokoh, kuat, tapi juga tinggi. Kami bertiga sekelompok (Aku Irfan Beben) udah discover yang namanya teorema bayangan sama teorema paper time limit yang kami bikin-bikin sendiri berdasarkan pengalaman ngoprek nglipet-nglipet kertas.


And well, ini video dokumentasi yang kami buat. Selamat menonton ^^


Related Articles

3 comments:

  1. Wah info dan video yang menginspirasi. Terlebih saya yang tidak dapat mata kuliah engineering dan design lewat video ini banyak mendapat inspirasi. Terima kasih

    ReplyDelete