Friday, February 03, 2012

Road to ITS 2012


Tau ITS? Yoi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ini nama universitas di Surabaya. Pastinya lo semua tahu, gue yakin.

Kali ini gue mau nulis seputar apa yang gue lakuin sebelum bener-bener melaju ke ITS. Ini memang benar-benar sakral. 

Emang di ITS ada apa sih?



Hari ini kan Jumat nih. Dua hari lagi Minggu. Di Minggu ini ada seleksi olim mat dari ITS. Yang lolos berhak ngelanjutin final di ITS dua minggu kemudian.

Seleksi ini emang ga gampang bro. Cukup bikin gangguan di jadwal rutinitas harian. Apalagi saingannya dari seluruh Indonesia dan hanya ada 50 tim yang boleh ikutan final di ITS. Ini emang bukan suatu hal yang ringan. Apalagi bagi saya, pelajar nakal bego yang tidak disiplin.

Di lomba ini gue dipasangin sama mas Okky, itu loh yang kelas 12. Lombanya tumbenan. Harus ada satu tim yang terdiri dari dua orang. Alias, kerjasama tim di sini sangat dibutuhin. Kita ga boleh egois ngerjain soal sendiri. Belajar sendiri. Kita harus gotong-royong. Saling bahu-membahu. Apalagi sekolah gue ngirimin banyak tim di sana. Gurunya ga bisa ngontrol 100% murid-murid yang ikut olimpiade. Jadinya gue yang harus menjaga mereka biar tetep diskusi soal matematika di asrama (sekolah gue ada asramanya).


Persiapan kali ini emang gak ringan. Mengingat statistik gue ikut lomba-lomba gini udah 5 kali dan hanya berhasil ngasih piala ke sekolah cuman sekali, gue dituntut gede-gedean sama guru-guru sekolah n' kepala sekolah. Mereka ngasih harapan yang besar ke gue. Seakan-akan tatapan mereka menandakan "kamu harus menang, kamu harus menang". Gue emang goblok. Selalu nggak bisa memberikan yang terbaik. Tapi di sinilah pembuktiannya. Gue mau buktiin kalo gue akan berhasil kali ini.

Paling nggak, nggak mengecewakan lah.

Lomba ini bener-bener ngganggu jadwal harian gue. Pas anak-anak futsal, gue harus berdiam diri di mesjid cuman buat latian soal. Pas temen-temen lagi nyenyak-nyenyaknya ngorok tidur di asrama, gue harus nemenin lampu 20 watt buat baca pembahasan soal. Bahkan sekarang temen-temen seasrama lagi tour di WBL Lamongan, gue harus sendirian netep di asrama. Alasannya: karantina.
Ini emang hal yang menyedihkan.

Gue jadi inget sama temen gue Melati (nama disamarkan). Orang ini ga tau kenapa bilang seenaknya sendiri.

"TAU-TAU ELO LOMBA TERUS. KAGA USAH SELEKSI SEKOLAH UDAH DIPILIH. GUE AJA PENGEN IKUTAN HARUS NGRENGEK-NGRENGEK KESISWAAN DUA BULAN."

Ini sangat ngenes. Melihat pengorbanan gue yang begitu mendalam terhadap matematika. Orang ini malah dengan mudahnya bilang gue enak-enakan. Sejatinya orang ini belum mengerti bagaimana kerja gue yang susah-payah buat ngembangin skill ini. Padahal setiap hari setiap malam seminggu sebelum olimpiade sudah dipastikan gue selalu ngadep soal-soal latian yang segebuk di meja belajar. Belum lagi adek-adek kelas yang nimbrung minta diajarin pas gue lagi asyik-asyiknya bertugas. Sungguh.

Banyak hal yang gue pelajari selama masa-masa pengorbanan ini. Bukan tentang matematika. Tapi tentang life skill. Pembimbing olimpiade gue, Ust. Kirbani, S.Si. selalu nekenin masalah life skill. Beliau nggak mau muridnya sekedar paham matematika, tapi beliau pengennya muridnya jadi matematikawan yang bermental manusia tahan banting. Ini enaknya jadi muridnya Ustad Key (nama gaolnya). 

Gue jadi muridnya udah sejak jamannya masih kelas 3 SMP ampe sekarang (2 SMA). Enak banget jadi murid Ustad Key. Beliau berpikiran maju. Selain itu, beliau masih muda. Masih twenty something, jadi juga ngerti masalah-masalah anak-anak jaman sekarang. Istilahnya gak ketinggalan sama remaja-remaja ABG gitu. 

Salah satu yang gue dapet dari beliau:

"Kalo kamu pengen perang. Kenali musuh dan medan kamu."

Gue merenung.

Kalimat ini dalem banget. Coba elo renungi sendiri. Pedoman kaya gini nih bisa dipake di segala kondisi. Entah itu sekolah, nyari kerja, tawuran, cari jodoh, cari makanan, antre sembako, bahkan sampe perang beneran. Kalimat ini cocok. Tapi karena beliau ngomongnya pas lagi karantina matematika, ya gue nerjemahinnya di lomba matematika.

Mungkin maksutnya gini: kamu harus tau siapa musuhmu, gimana kondisi persainganmu. apa caranya biar kamu menang dengan gampang.

Gue sadar.

Ada lagi yang gue dapetin dari beliau. Ini dia.

Indonesia ini sering menang olimpiade-olimpiade tingkat internasional. Mereka pulang bawa medali. Tapi kenapa pendidikan di Indonesia gitu-gitu aja. Malahan nggak ada keliatan berkembang. Ini soalnya mental anak Indonesia nggak dididik buat saling melengkapi. Tapi jiwa kompetisi sudah ditanam sejak kecil.

Liat aja pas kamu dulu masih kecil. Orangtuamu nyuruh belajar kamu supaya rangking satu. Supaya bisa ngalahin si A misalnya. Dan ini dilakukan sama ratusan juta orangtua di Indonesia. Akhirnya di benak anak kecil ini hanya ada jiwa pembunuh. Menghancurkan orang lain demi kemenangan diri sendiri. Akibatnya egoisme mereka tumbuh di usia yang dini. Mereka cenderung menyimpan ilmu mereka sendiri dan malas membagikan ke orang lain karena sifat mereka kompetisi. Menang di atas kekalahan orang lain.

Coba lihat Singapura, Malaysia. Mereka jarang dapet medali olimpiade. Tapi pendidikan mereka maju. Kenapa sih? Mereka ditanam jiwa sosial. Mereka nggak bangga menang olimpiade. Mereka nggak seneng nyabet emas perak ini itu. Mereka bangganya kalo bisa memahamkan orang lain yang belum paham. Makanya pendidikan di negara mereka maju.

Gue lebih nyadar lagi. Ternyata gue selama ini salah besar.

Ternyata pikiran beliau sangat maju sekali. Pas sama mottonya Wadir II Assalaam. Think globally, act locally. Gue semakin merenung.

Oh ya udah dulu ya.

Jangan lupa doain gue biar dimudahin sama Allah SWT di kompetisi aneh ini.

Salam matematika,

Gue

Related Articles

0 comment:

Post a Comment