Monday, July 17, 2017

Revolution of My Personal Blog


Hari ini tidak banyak yang kulakukan. Status resmi project internku adalah menunggu data training invoice real dari Multibook cabang Filipin yang berbahasa Inggris, karena project intern yang kupakai hanya bagus hasilnya dalam bahasa Inggris, sementara hasil untuk aksara Jepang tidak terlalu bagus.


Yang kulakukan hari ini adalah belajar Spring Framework. Hari ini aku belajar lebih tentang MVC di Spring Framework, controller, bikin redirect page, bikin form, dan bikin REST. Cara belajarnya nggak aneh-aneh, langsung baca dokumentasi Spring langsung, online. Menurutku lebih gampang belajar pake contoh yang langsung dipraktekkan dan dieksperimen, dicoba-coba kalau diganti gini apa yang akan terjadi dst. Aku kurang suka belajar teori dan definisi.

View dari kantin lantai 3 kantor. Jalanan di sekitar daerah Shinagawa


Hal penting yang kulakukan hari ini adalah ngerombak habis-habisan blog ini.


Ganti Template Desain

Banyak yang bilang desain blog ini terlalu tua. Karena sejujurnya terakhir kali ngurus tampilan blog emang tahun 2009, kelas 3 SMP :) Aku putuskan ganti jadi template yang simpel dan elegan, mengikuti trend desain edgy masa kini.

Before

After
Selain itu, aku ngehapus beberapa widget yang sebelumnya kupakai di blog lama, contohnya seperti chatbox, widget profile FB, dan lain-lain yang kurasa nggak penting. Dulu sempet pasang ini karena rasanya keren aja pas masih SMP. Dan akhirnya aku mengerti kenapa blogku yang lama ada ads-nya padahal aku nggak pasang AdSense. Ternyata widget gratis yang kupakai, emang nitip iklan di blog ini. Jadi ketika JavaScript si widget dihapus, ternyata iklan yang selama ini ada, akhirnya menghilang juga.


Pilih Domain .com

Cita-citaku sejak kecil adalah punya domain .com sendiri suatu saat ketika nanti sudah punya uang sendiri. Hari ini mimpi masa kecil itu kukabulkan hehehe. Aku sempat research kecil tentang harga domain yang paling murah dari beberapa registrar domain populer.

Hasil research kecil: komparasi penyedia domain
Tampak jelas bahwa deal paling bagus keluar dari 1and1.com. Cukup suspicious juga karena dia berani jual $1 dolar di tahun pertama. Setelah beberapa cari review di internet, mereka bilang 1and1 adalah scam! Akhirnya ga jadi beli 1and1.com. Begitu juga dengan Freenom. Walaupun Freenom ngasih domain gratis seperti .tk atau .ga, tapi ada beberapa cerita di internet yang mereka sudah bayar tapi nggak bisa pake domainnya. Freenom kucoret juga dari kandidat

Website ini rencananya akan bertahan lama sebagai catetan hidup dari SMP hingga tua nanti. Karena aku mikir site ini bakal selamanya, aku pilih registrar yang irit secara jangka panjang. Akhirnya, aku pilih beli dari Namecheap.


Link Blogger dan Namecheap

Setelah kita beli domain, kita dapet dashboard untuk manajemen domain yang kita miliki, dari DNS, nameserver, dan lain-lain. Untuk nge-link dari Blogger ke Namecheap aku ngikutin step ini.

https://www.namecheap.com/support/knowledgebase/article.aspx/1243/2208/how-do-i-use-my-domain-with-my-blogger-account


Enable HTTPS

Supaya lebih edgy, aku pengen blog ini bisa HTTPS. Let's Encrypt nyediain SSL Certificate gratis, tapi sayangnya mereka nggak support Namecheap. Setelah minta rekomendasi dari beberapa temen, ternyata CloudFare menyediakan SSL gratis. Aku ngikutin step ini.

http://www.howtoshout.com/enable-https-blogger-blog-custom-domain/

Dan, voila! Blog ini sekarang akhirnya HTTPS!

Sempet ada beberapa conflict karena HTTPS nya nggak full-secured, ada beberapa asset seperti images, js script yang dilempar lewat HTTP. Tapi ini bisa diperbaiki manual dengan ngeganti alamat request dari HTTP ke HTTPS.

This blog post is supposed to be posted at July 13, 2017.

Related Articles

0 comment:

Post a Comment